PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN DAN CARA MENGATASINYA

Pagi, siang dan malam semuanya. 

Kali ini aku bukan mau membahas masalah make up atau skincare ya. Tapi masalah kesehatan yang sering kali kita gak sadar betul kalau hal itu penting sekali. Pernah gak kalian mengalami anyang-anyangan?

Anyang-anyangan itu adalah kondisi dimana saluran pembuangan urin atau kencing kita sedang tidak lancar. Kadang kita jadi sering pipis dengan jumlah urin yang dikeluarkan sedikit dan terkadang menimbulkan rasa sakit atau panas. Nah kalau hal ini terjadi terus menerus dan tidak segera diatasi, akan terjadi infeksi saluran kemih dan bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya. 

 Aku dulu pernah mengalaminya sewaktu hamil, dan aku abaikan. Karena waktu itu aku pikir cuma sebentar dan bakalan sembuh sendiri. Tapi ternyata, aku harus periksa ke dokter kandungan dan pulangnya dikasih obat anyang-anyangan yang harganya sebiji itu sekitar 200ribuan kalau gak salah.  Cuma aku lupa nama obatnya. Sejak saat itu aku mulai sadar kalau ternyata hal yang aku anggap remeh bisa jadi bahaya. 

Karena aku gak mau hal itu kejadian lagi, maka aku mulai mencari penyebab anyang-anyangan agar nantinya aku bisa menjaga diriku sendiri dari “penyakit” itu. Dari beberapa informasi yang aku dapet dari 2 dokter kandunganku (waktu itu kalau gak salah namanya dr. Mardianto Spog dari Surabaya dan dr. Agus Dalranto dari Ponorogo) dan hasil aku googling, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya anyang-anyangan. 

Penyebab anyang-anyangan antara lain: 

  1. Kelelahan
  2. Kurang asupan cairan atau dehidrasi 
  3. Kurang menjaga kebersihan organ kemaluan
  4. Salah membilas setelah berkemih sehingga bakteri berkembang biak di saluran kemih
  5. Bakteri Chlamydia yang merupakan salah satu bakteri penyebab anyang-anyangan. Bakteri ini juga menyebabkan keputihan pada wanita
  6. Alergi 
  7. Sistem organ yang tidak normal yanh bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan menimbulkan anyang-anyangan
  8. Penyakit Diabetes, asam urat dan darah tinggi
  9. Kehamilan. Dalam kondisi hamil seringkali muncul masalah anyang-anyangan. Hal ini disebabkan karena kandungan menekan kantung kemih sehingga menyebabkan sang ibu hamil akan merasa sering ingin pipis denham volume urine yang sedikit. 
  10. Sering menahan kencing. 
  11. Wanita menopause, wanita yang memakai alat kontrasepsi dan yang aktif berhubungan seksual yang kurang menjaga kebersihan organ saluran kemih.

Nah, itu tadi beberapa penyebab anyang-anyangan yang aku dapatkan dari berbagai Sumber. Setelah mengetahui penyebabnya, akhirnya kita bisa mengetahui dan menghindarkan diri dari segala hal yang bisa membuat kita mengalami anyang-anyangan lagi. 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan, antara lain:

  1. Penuhi kebutuhan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi 
  2. Menjaga kebersihan organ intim agar saluran kemih tidak gampang terinfeksi 
  3. Membasuh organ intim dari depan ke belakang setelah kencing agar tidak ada bakteri yang masuk ke saluran kemih 
  4. Memakai pakaian terutama celana dalam yang nyaman, jangan terlalu ketat
  5. Membersihkan diri dengan air mengalir 
  6. Jaga pola makan dan pola hidup yang sehat serta olahraga teratur 

Tapi setelah menghindari penyebabnya dan masih belum yakin bisa bebas dari penyakit itu, kita harus kenali dulu tanda atau gejala terjadi nya anyang-anyangan.

 Ada beberapa gejala anyang-anyangan, antara lain :

  1. Rasa ingin buang air kecil yang sering
  2. Buang air kecil lebih sering dari biasanya tapi kencing yang keluar lebih sedikit.
  3. Rasa perih saat buang air kecil pada saluran kencing atau anus. 
  4. Kencing berbau, berwarna gelap atau keluar darah. 
  5. Sering merasa kelelahan atau kurang sehat. 
  6. Mengalami demam. 
  7. Mengalami nyeri punggung. 

Kalau ada dari kalian yang mengalami salah satu atau beberapa kondisi diatas, wajib waspada tapi jangan panik. Karena semua penyakit pasti ada obatnya. Obat yanh pasti akan disarankan oleh dokter adalah perbanyak minum air putih. Tapi selain itu kalian bisa pilih pengobatan medis atau herbal. Tapi, yang alami pasti lebih enak ya. 

Salah satu obat alami untuk mengatasi anyang-anyangan adalah buah Cranberry. 

Karena buah Cranberry ini mengandung zat anti bakteri yang mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding kemih, sehingga membantu tubuh agar terhindar dari anyang-anyangan. Buah ini juga mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar tidak gampang sakit. Cranberry ini juga buah anti kanker lho, jadi konsumsi satu jenis buah tapi dapat beberap manfaat sekaligus. 

Tapi sekarang cari buah ini cukup sulit ya. Jarang juga yang jual. 

Eits jangan sedih dulu. Kalian tidak perlu bingung untuk cari buah Cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan. Karena sekarang ada produk yang mengandung buah Cranberry. Yaitu Prive URI-CRAN

Prive Uri-Cran adalah solusi mudah untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan. Uri-Cran ini berisi ektrak buah Cranberry yang menjaga kesehatan salura kemih dan bisa diminum kapanpun dan dimanapun. 

Produk dari Prive Uri-Cran ini ada 2 jenis. Prive Uri-Cran berupa kapsul dan Prive Uri-Cran Plus berupa serbuk dalam kemasan sachet sekali minum. 


Aku mencoba yang serbuk, dan aku suka. Rasanya seger banget, jadi berasa kaya minum air buah Cranberry. Karena kemasan sachetnya kecil, jadi mudah dibawa sehingga bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Oh iya, Prive Uri-Cran ini bisa diminum siapa saja termasuk anak-anak lho. Karena ternyata ada juga anyang-anyangan yang menyerang usia anak-anak. 

Jadi selain mencegah penyebab anyang-anyangan, Prive Uri-Cran ini bisa menjadi salah satu penunjang agar terhindar dari anyang-anyangan. Jangan lupa lakukan pola hidup sehat serta rajin olahraga ya. 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s